My baby

Vitamin zat besi

Bulan lalu kan aku ada posting tentang Jolene yang kurang zat besi, nah sekarang aku mau share update-nya. Cerita detail bisa klik di sini.

Waktu itu sama dokternya (dr. Lucia Pudyastuti R. SpA) diresepin vitamin Ferlin, begini penampakannya, dari website kimia farma:

Kalo Jolene diresepinnya setiap hari minum 1x 1ml. Rasanya enak ada rasa strawberry gitu, Jolene si mau aja minum vitamin ini. Dia udah tau kalo liat warnanya (merah) langsung mangap. Hahaha.

Pas ke dokter tgl 8 Juni berat badan Jolene 7,2 kilo, dan pas ke posyandu minggu lalu tgl 15 Juli beratnya udah 8kilo! Hebat kan naik 800 gram. Puji Tuhan banget.

Padahal aku ngerasa makannya mirip2 sama bulan2 lalu, tapi naiknya banyak banget. Baru kalo ini looo naik segini banyak. Aku sama suami simpulkan vitamin Ferlin ini works on Jolene.

Vitaminnya udah tinggal dikit, mungkin dalam minggu ini abis, aku rencananya mau stop ga beli lagi, sambil tetep pantau berat badan juga. Lihat sikon dulu. Karena deep down in my heart masih ga rela benernya kalo ada vitamin2 gini buat Jolene, ga tau ya, rasanya ga alami gitu.

Tapi mau gimana ya, aku pas tanya dokter, apa kurang dr MPASI kan uda daging2an tuh, dijawab kurang. Terus aku baca di IG IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) (iya sekarang follow akun2 gini2an hahaha) juga sama penjelasannya. Di website IDAI ada penjelasan lebih detail, dan emang zat besi ini penting banget buat usia 6-24 bulan, jadi ya udalah.

Disclaimer:
Tiap anak pasti beda2 ya efeknya, jadi semisal ada ibu2 yang mau kasih vitamin zat besi buat anaknya, silakan konsultasi dulu sama DSA masing2.

Edit 24/7/16:
Barusan baca2 tulisan dr. Meta Hanindita tentang pentingnya zat besi di sini dan sekarang aku tau harus segera ke DSA buat konsultasi lebih lanjut.

Update 25/7/16:
Aku udah whatsapp sama dr. Lucia kebetulan beliaunya lagi di Jakarta untuk sekolah lagi. Jadi konsultasi via whatsapp aja dan katanya bisa diteruskan vitaminnya. Indikasi vitamin Ferlin itu terutama kalau asupan bayinya full ASI dan MPASInya homemade. Jadi silakan diteruskan. Begitu. Makasih ya Bu Dokter mau ladenin sy via wa heheh. Bless your soul!

Leave a Reply

