My baby

Berat badan dan menu MPASI Jolene

Puji Tuhan Jolene uda masuk 7 bulan sehat, happy dan makin sering ketawa, pokoknya GEMASH! (ya iyalah, anak sendiri hahaha). Yang jadi masalah menurut aku cuma 1, berat badannya kurang. Jolene 7 bulan ini beratnya 6,5 kilo dan panjang badan 67cm. Ini hasil ke posyandu komplek rumah. Coba bandingin sama anak Chelsea Olivia yang lahirnya cuma beda sehari ama Jolene: 8 kilo! Bok! Malah waktu umur 5 sama 6 bulan beratnya sama 6 kilo. Kebayang ga? Dalam 1 bulan nggak ada kenaikan sama sekali?! #mamasedihdudukdipojokan

Emang kalo menurut WHO (aku ambil tabel ringkasannya dari instagram @ibupedia_id) umur 7 bulan berat segitu masih normal. Cuma ya sewajarnya mama baru yang terobsesi dengan anak sehat jadinya ya kuatir juga. Kuatirnya si lebih ke apa ASI aku masih cukup buat Jolene atau nggak. 

Untungnya karena Jolene udah mulai makan solid food (MPASI) sejak umur 6 bulan, jadinya aku bisa lebih kontrol nambah makan lewat MPASInya. Pas 6 bulan kan cuma makan buah aja karena buat pengenalan sama makanan, jadi pas umur 7 bulan aku mulai baca sana sini tentang menu penambah berat badan anak.

Secara general aku simpulkan menu harian untuk nambah berat badan anak wajib ada karbohidrat, protein dan lemak (tentunya ada zat besi dan vitamin ini itu juga). Menu MPASI itu banyak banget ya, jadi bisa jadi beda2, ikutin kata hati aja, sama kata mulut baby masing2 hahahha. 

Menu MPASI Jolene biasanya karbo dari bubur beras merah atau organic rolled oats, protein aku selang selingin beef dan salmon, dan untuk lemak aku pakai unsalted butter (1/2 sendok teh doang untuk 100ml tiap makan). Biasanya aku suka campur wortel/brokoli/butternut squash biar manis. Buternut squash ini asli baru pertama tau pas cari menu MPASI. Suami sampe youtube cara milih butternut squash yg mateng hahaha. Emang wangi banget looo, Jolene si doyan. Kalo buah aku gonta ganti pir singo, buah naga, apel, pisang, dan alpukat. Thank God, so far Jolene makan semua, rata2 aku bikin 100ml selalu abis. 

Jadwal makan aku masih bikin sehari 2x. Pagi jam 8 sama sore jam 5. Rencananya minggu ini mau coba 3x sehari, nunggu jadwal groceries dulu. Wish me luck!

Sekarang ga sabar nunggu jadwal ke posyandu bulan depan buat ngecek berat badannya Jolene. Awas kalo ga naik! Grrrr!

Leave a Reply

