My baby

Jolene panas

Ini maksudnya Jolene sakit panas ya. Ga tau mau kasih judul apa yg pas. Mau tulis : Jolene had a fever kok keminggris, soalnya isinya bahasa Indonesia haha, jadi ya udah itu aja judulnya. 

Back to the topic.

Jadi ceritanya hari Minggu kemarin, Jolene bangun pagi jam 7:30 kayak biasa main dulu sama papanya (mama masih setengah tidur hahah). Trus suami bilang kok panas ya badannya. Aku bilang: nggak kok, tiap bangun pagi juga gini. Soalnya AC kita udah matiin jam 6 (dokter anak Jolene saranin seminim mungkin kena AC). Masak dong sebagai Ibu aku nggak tau kalo anaknya sakit. 

Lama kelamaan oke kerasa agak anget nih, dan di rumah kita ga punya termometer dong. Jangan ditiru ya para orang tua, jadi aku sama suami masih nebak2 ini sakit panas apa nggak. Abis itu kita emang uda rencana mau groceries pagi itu, jadi kita berangkatlah ke supermarket deket rumah, setelahnya baru ke apotek beli termometer.

Sepanjang di rumah dan supermarket, Jolene-nya biasa aja. Tetep hepi dan ga rewel. Nenen mau dan bobo di kain gendong pas di supermarket juga mau. Jadi aku masih positif anak aku ga sakit. 

Sampe rumah jam 9, kita langsung coba ukur temperatur badan Jolene dan di alatnya tertera 38,2 derajat. Aku sama suami liat2an. Kita sama2 ga tau suhu normal bayi itu berapa. Jreng. Sekali lagi jangan ditiru ya. Dasar ortu newbie. Langsung dong aku google. Ini aku dapat artikel dari aplikasi Ovia Pregnancy (it’s a really helpful apps for parents to be and parents). 


Untungnya DSA (Dokter Spesialis Anak) yang biasa kita pergi, hari Minggu itu buka praktek pagi (bless your soul), cuma kita ga yakin jam berapa. Udah pokoknya berangkat dulu aja. Jolene nggak pake mandi cuma aku kasi jumper lengan pendek aja, karena aku baca di google anak panas ga boleh dikasi baju tebel2, dan cus kita langsung berangkat. 

Sampe di tempat praktek jam 10 lebih tapi pager rumahnya masih tutup. Aku coba call rumahnya si mbak bilang dokter masih ke Gereja. Oke kita tungguin deh. Sekitar jam 11 kurang dateng dokternya, horeee! 

Pas masuk kita antrian ke 2, dokternya periksa, dan pas dibuka mulutnya katanya ada radang (radang tenggorokan? Entahlah). Jadi menurut dokter ada batuk pilek yang bikin anaknya panas. ‘Abis ngelencer ke mall ya?’, tanya dokter. Jreng! Emang pas Sabtu-nya kita ada ke mall sih, tapi cuma 2 jam doang kok. Nah lo? Kita ngerasa anak kita sehat tapi ternyata ada batuk pileknya. Sungguh ortu newbie >.<

Akirnya diresepin obat puyer gitu 3 macem. Obat panas, batuk pilek, sama antibiotik. Aku sempet tanya ke dokter apa obat semua harus habis karena kan ada antibiotiknya? Dokter bilang nggak papa, kalo udah sembuh, stop semua obatnya. 

Obatnya agak pahit sih, tapi Jolene mah masuk aja, paling cuma nangis bentar hahaha. Good baby! Thank God berangsur-angsur panasnya mulai turun dan hari Senin sore aku ukur udah di kisaran 36 derajat. Jadi cuma 2 hari minum obatnya udah sembuh. Yay! 

Jadi begitulah cerita Jolene (sakit) panas. Hikmah yang bisa diambil adalah siap sedia termometer selalu di rumah dan pilih dokter anak yang buka Senin-Minggu. Hihihi.

Info DSA:

Prof. Dr. Gunadi Santoso, M.Sc., Ak.

Jl. RA Kartini 33, Surabaya. 

Telp. 0315678439

3 thoughts on “Jolene panas

  1. Mom yuni, kada dsa kenapa g blh sering2 kena AC? Edgar harus AC soalnya. Apalagi kalo bobok dan nenen. Soalnya rewel dia kalo gerah. Pake kipas angin malah g kuat, masuk angin trus kadang muntah gt.. 😓😓

    Like

    1. Halooo. Dari newborn awal ke dsa udah ga boleh pake ac. Katanya dari bayi dalam perut mama itu hangat (lupa aku dia bilang brapa derajat gitu) jadi keluar perut mama idealnya ga boleh ac-an. Ini dsa old school kali ya, suami dulu pas kecil dsa nya ini. Hahaha. Kebayang kan. Jadi sekarang kita d rmh ac an 25 derajat. Biasa jam 6 pagi mati. Jam 12 siang udah nyala terus deh. Mamanya yg ga kuat panas 😅. Jolene si kalo pake kipas angin selalu arah ke atas. Waduh menurut aku liat sikon aja kali ya, kasian kalo Edgar smp masuk angin terus muntah 😭

      Like

      1. Oo gitu hahaha. Aku jd inget kalo dsa Edgar pas kontrol usia 1 bulan malah bilang AC terus menerus gpp karena metabolisme bayi sangat tinggi jadi dia kuat nahan AC. Beda sama kakek nenek yg metabolismenya sudah berkurang kalo kena AC malah pusing dan masuk angin wkwk. Iya nih kipas angin cuma kalo di luar aja. Kalo uda mulai gerah gt lgs masuk kamar ACan haha. Yg jd korban malah aku.. tiap pagi masuk angin soalnya ndeso sih, dr dulu g kuat AC hahahaha

        Like

Leave a Reply

